Jalan Tuhan

Mazmur 25:10 (AVB) Semua jalan TUHAN adalah kasih dan kebenaran bagi mereka yang berpegang kepada perjanjian dan peraturan-Nya.

Kepada Musa Tuhan memperkenalkan jalan-jalanNya yang ajaib. Tidak mudah untuk memahami dan mengerti jalan-jalan Tuhan itu. Seringkali kita memaksa Tuhan untuk mengikuti kehendak dan rencana kita tetapi kita sendiri tidak mahu mengikuti jalan-jalan Tuhan.

Jalan Tuhan itu susah untuk difahami dan rasanya tidak masuk akal. Orang yang hanya ingin melihat pada perbuatan-perbuatan Tuhan, akan mudah kecewa dan bersungut-sungut kepada Tuhan seperti bangsa Israel (Mazmur 106:7). Sekalipun mereka telah melihat dan mengalami perbuatan Tuhan, mereka belum juga mengerti jalan-jalan Tuhan.

Kalau kita tidak mengenali jalan-jalan Tuhan, kita tidak akan memiliki pengalaman berjalan bersama Tuhan; kita tidak akan tahu bagaimana hidup berjalan dengan Tuhan.

Dengan memahami jalan Tuhan kita juga akan semakin mengenal pribadiNya, dan dengan mengenal pribadiNya kita akan mengetahui kehendak dan rencanaNya, apa yang Tuhan inginkan untuk kita lakukan di dalam hidup kita. Tuhan berkata, Yesaya 43:19 (AVB) Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, sekarang hal itu sedang muncul, tidakkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di tanah tandus dan sungai-sungai di gurun. Kadang-kala jalan Tuhan itu terasa berat untuk kita jalani, tetapi selalu ada rencanaNya yang indah dan semua itu mendatangkan kebaikan bagi kita.

Selamat pagi, selamat menjalankan tugas harian anda. Tuhan Yesus memberkati.

Pastor John Para